KECAMATAN SEPULUH - BANGKALAN

SELAMAT DATANG DI BLOG DESA TANAGURAH TIMUR

Friday, August 5, 2016

SEJARAH DESA

SEJARAH DESA TANAGURAH TIMUR
Desa Tanagurah Timur merupakan desa bagian kecamata Sepulu Kabupaten Bangkalan. Desa Tanagurah Timur (Tanah Gurah Timur) berasal dari bahasa Madura yaitu “Agure’ jur temor” yang artinya membajak tanah kearah timur. Hal tersebut berasal dari kebiasaan warga pada jaman dahulu yang membajak sawah dari arah barat ke timur.
Di Desa Tanagurah Timur terdapat seorang tokoh yang bernama Ba Lokke’ yang mempunyai banyak lahan sawah yang dibagikan kepada keturunannya setiap petak, sehingga satu petak dinamakan satu lokke’. Dari kebiasaan tersebut menjadi mitos yang harus dilakukan saat membajak sawah dari barat ke timur hingga saat ini. Dari suatu kebiasaan tersebut, kemudian desa ini dikenal dengan nama Tanagurah Timur.
Dari keturunan yang terus bertambah, sehingga saat ini desa ini terbagi menjadi 2 dusun, yaitu dusun Bunleber dan dusun Talon. Adapun dusun Talon dahulu merupakan bagian daerah yang tidak digunakan untuk pertanian, sedangkan dusun Bunleber sendiri merupakan kebun yang digunakan untuk bercocok tanam.

Seiring berjalannya waktu, Desa Tanagura Timur terus mengalami perkembangan, tetapi tidak meninggalkan ciri khas dari asal usulnya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

LOGO KKN 40

LOGO KKN 40
Powered by Blogger.