KECAMATAN SEPULUH - BANGKALAN

SELAMAT DATANG DI BLOG DESA TANAGURAH TIMUR

Monday, August 1, 2016

Potensi Masyarakat Desa

Potensi Masyarakat Desa
Masyarakat tanah gurah timur sebagian besar berprofesi sebagai petani, pekerjaan yang lainnya yaitu pedagang, perantau, dan pekerjaan sampingannya adalah mendirikan toko dirumahnya . Para petani di desa Tanagura Timur biasanya menanam padi dan kacang hijau sebagai tanaman utama dan yang lainnya adalah jagung, kacang tanah. Dilihat dari hasil pertanian diatas, warga cenderung memiih untuk mengkonsumsi hasil panennya seperti contohnya hasil padi dan kacang hijau, hasil padi dan kacang hijau tersebut dalam proses tanam menanamnya mereka cenderung menanam untuk dikonsumsi sendiri dari pada dijual. Apabila hasil panen berlimpah, maka petani memilih untuk menjualnya setelah dikurangi untuk kebutuhannya sendiri Dan untuk tegnologi di desa ini belum cukup menujang, hal ini di buktikan dengan tidak ada teknologi mutakhir seperti mesin penanam padi, teknologi yang tersedia di desa ini yaiu berupa pembajak sawah seperti mesin traktor dan pompa air. Pompa air yang tersedia masih sedikit, hal ini menyebabkan proses irigasi sawah menjadi tertsendat, dan sawah-sawah petani  mengalami penurunan kualitas padi. Kualitas tanah di desa tanah gurah timur masih cukup rendah, tanah di desa ini berwarna merah, yang mana tanah yang memiliki ciri-ciri seperti ini kurang sempurna dalam memikat air, oleh karena itu kebanyakan kondisi tanah di desa ini bias di bilang kering. Hal ini menyebabkan tidak komoditas tanaman tidak bisa di tanam di desa ini.
Profesi selanjutnya yang ada di desa Tanagura Timur adalah berdagang ke pasar. Sesuai dengan penjelasan diatas, para pedagang di desa Tanagura Timur tidak akan menjual hasil panen tersebut jika hasil panen mereka tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Barang dagangan yang dijual di desa Tanagura Timur adalah hasil pertanian, sembako, Ayam Australia yang didapat dari desa sendiri dan desa tetangga dan ayam petelur. Barang dagangan yang dijual pada masyarakat di Desa Tanagura Timur ini sama sekali tidak mengambil stok barang yang dijual dari daerah manapun. Semua barang dagangan dari desa sendiri yang semuanya dari para petani. 

Profesi sebagai perantau merupakan salah satu pekerjaan yang digeluti para warga desa tanah gurah timur, tujuan para perantau ini kebanyakan di dalam negeri, seperti halnya seluruh provinsi di Indonesia terkecuali provinsi aceh, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya antusiasme warga dalam mngurus surat keterangan atau surat yang lainnya pada perangkat desa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan para perantau akan mencoba peruntungan di luar negeri seperti halnya di Negara tetangga yakni Malaysia dan arab Saudi atau Negara anggota ASEAN lainnya. Dan para perantau disini rentan waktu untuk kembali ke desanya bervariasi, tergantung tujuan dan jarak tujuan perantauan. Salah satunya para perantau yang di luar negri minimal 2-3 tahun mereka akan pulang , dan untuk perantau didalam negeri minimal 2 bulan sekali kembali ke desanya, akan tetapi rentan waktu dapat berubah tergantung kepentingan di desa masing-masing  
Share:

0 komentar:

Post a Comment

LOGO KKN 40

LOGO KKN 40
Powered by Blogger.